Text Size

In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player

Powered by RS Web Solutions

ARUNG JERAM

arung jeram, harga rafting citarik, rafting citarik, rafting sukabumi, arung jeram citarik, citarik arung jeram

Rafting atau Arung Jeram adalah suatu aktifitas pengarungan bagian alur sungai yang berjeram/riam, dengan menggunakan wahana tertentu. Pengertian wahana dalam pengarungan sungai berjeram / riam yaitu sarana / alat yang terdiri dari perahu karet, kayak, kano dan dayung. Tujuan berarung jeram bisa dilihat dari sisi olah raga, rekreasi dan ekspedisi.Jadi dengan demikian kita dapat definisikan bahwa olah raga Arung Jeram (White Water Rafting) merupakan olah raga mengarungi sungai berjeram, dengan menggunakan perahu karet, kayak, kano dan dayung dengan tujuan rekreasi atau ekspedisi.

 

Rafting atau Arung Jeram sebagai olah raga kelompok, sangat mengandalkan pada kekompakan tim secara keseluruhan. Kerja sama yang terpadu dan pengertian yang mendalam antar awak perahu, dapat dikatakan sebagai faktor utama yang menunjang keberhasilan melewati berbagai hambatan di sungai. Tak dapat dibantah bahwa Arung Jeram merupakan olah raga yang penuh resiko (high risk sport). Namun demikian, setiap orang mampu melakukannya – asalkan dia dalam kondisi “baik”; baik dalam arti pemahaman teknis, kemampuan membaca medan secara kognitif, dan sehat fisik dan mental.

 

Jadi,Rafting atau Arung Jeram adalah olah raga yang menuntut keterampilan. Untuk itu sangat membutuhkan waktu untuk berkembang. Perkembangan ke arah mencapai kemampuan yang prima, hanya mungkin apabila mau mempelajari sifat-sifat sungai, serta bersedia melatih diri di tempat itu. Kecuali perlu mengembangkan pengetahuan mengenai sifat-sifat sungai, wajib pula berlatih berdayung, berkayuh di sungai. Implikasinya butuh mengembangkan kemampuan fisik, agar selalu mencapai kondisi seoptimal mungkin. Hal lain yang patut diingat, adalah berlatih cara-cara menghadapi keadaan darurat di sungai. Hal ini penting untuk melatih kesiapan, kemampuan dan kepercayaan diri, apabila memang harus menghadapinya.

 

Tema makalah ini memperkenalkan seluk- beluk yang mendasar dari olah raga arung jeram dengan mengkhususkan penggunaan wahana perahu karet beserta peralatannya, mempelajari kondisi sungai dan teknis berarung jeram serta menghadapi kondisi darurat.

 

1). Apakah kegiatan arung jeram aman?

Arung jeram adalah kegiatan yang menggairahkan, mengasyikkan, sedikit liar dan menyenangkan. Seperti pada kegiatan petualangan lainnya, arung jeram tetap memiliki resiko dan bahaya. Namun resiko tersebut justru menambah semangat dan menjadi perangsang bagi para penggiat kegiatan ini, sehingga bukan menjadi alasan mengapa orang-orang tidak menyukai kegiatan arung jeram. Seorang pemandu arung jeram (skipper/kapten) yang telah berpengalaman akan berusaha untuk meminimalisasi resiko dan bahaya. Bahkan secara statistik, anda akan lebih aman mengikuti kegiatan arung jeram dibandingkan dengan berkendara didalam kota. Seorang pegawai pemerintahan di Amerika mengutarakan pada suatu penelitian, bahwa angka kecelakaan untuk kegiatan arung jeram masih jauh dibawah sepak bola! Namun tentu saja masih ada resiko dan anda harus menerima resiko tersebut saat berada di sungai.

 

2). Saya tidak dapat berenang, dapatkah saya mengikuti kegiatan arung jeram?

Setiap orang yang mengikuti kegiatan arung jeram yang telah dikelola secara komersil akan selalu mengenakan pelampung (Life Jacket) yang memiliki daya apung tinggi. Pelampung ini akan tetap menjaga anda berada diatas permukaan air, bahkan pada saat anda terlempar dari perahu dan tercebur ke sungai. Banyak orang yang tidak dapat berenang mengikuti kegiatan arung jeram dan mereka sangat menikmatinya. Yang paling penting adalah anda tidak panik saat terlempar dari perahu dan tercebur ke sungai. Namun orang yang tidak dapat berenang tidak dianjurkan mengikuti kegiatan arung jeram pada sungai yang memiliki tingkat kesulitan class IV atau class V, dan cukuplah menikmati jeram dengan mengenakan pelampung pada sungai dengan tingkat kesulitan class II – class III.

 

3). Seberapa sehat saya untuk mengikuti kegiatan arung jeram ?

Apakah harus pada kondisi yang prima? Dalam kegiatan arung jeram selalu menggunakan dayung. Ini artinya anda akan memegang dayung dan melalukan pendayungan saat berada di atas perahu. Anda tentunya harus berada pada kondisi yang sehat dan fit saat mengikuti kegiatanarung jeram. Mendayung dapat menyebabkan kelelahan, tetapi pemandu akan memberikan instruksi pada anda teknik mendayung. Sehingga tidak selamanya saat anda berada diatas perahu akam melakukan pendayungan. Jika anda merasa ragu dengan kemampuan untuk mengikuti kegiatan arung jeram, atau tentang kesehatan anda, sebaiknya anda melakukan cek kesehatan terlebih dahulu sebelum mengikuti kegiatan arung jeram.

 

4). Apa yang harus saya kenakan saat mengikuti kegiatan arung jeram ?

Hal ini tergantung pada kondisi saat berlangsungnya kegiatan, yaitu suhu air dan cuaca. pada Cuaca yang panas dengan suhu air yang dingin, disarankan untuk mengenakan wet suit. Pada cuaca yang dingin dan suhu air yang dingin, serta pada sungai class V, kenakan wet suit yang dikombinasi dengan jaket yang khusus untuk kegiatan arung jeram. Dianjurkan pula untuk mengenakan pakaian dari bahan synthetic fleece, polypro, capilene atau wool pada bagian dalamnya. Jangan mengenakan pakaian dari bahan katun karena akan membuat anda kedinginan.

 

Pada cuaca yang hangat dan suhu air yang tidak terlalu dingin, sebaiknya kenakan pakaian olahraga dan T-Shirt. Jangan lupa untuk memakai sunscreen, tetapi jangan gunakan dikening karena saat terkena air akan berbahaya bila terkena mata anda, atau menggunakannya pada kaki bagian belakang, hal ini dapat menyebabkan anda terpeleset. Kenakan pula sepatu olahraga atau sepatu jogging, atau bila anda memiliki sepatu khusus untuk kegiatan arung jeram akan lebih baik lagi. Tidak dianjurkan mengenakan sandal, karena tidak memberikan banyak proteksi bahkan sedikit menyulitkan bila dipakai berenang. Untuk anda yang berkacamata, disarankan untuk memberikan pengait/tali pada kacamata anda agar tidak mudah terlepas.

 

5). Saya belum pernah mengikuti kegiatanarung jeram. Sungai dengan tingkat kesulitan manakah yang cocok untuk saya?

Sebagai awal, mulailah pada sungai dengan tingkat kesulitan class II atau class III. Jika anda merasa yakin dengan kemampuan yang anda miliki, sehat dan haus akan tantangan, anda dapat mencoba sungai dengan tingkat kesulitan class IV, meskipun belum memiliki pengalaman sebelumnya. Karena pemandu akan melatih anda terlebih dahulu dan menjelaskan bagaimana cara penyelamatan di sungai serta teknik mendayung. Sedang untuk sungai dengan class V, anda harus memiliki pengalaman pengarungan sungai dengan tingkat kesulitan class IV terlebih dahulu.

 

6). Saya memiliki keluarga dengan anak yang masih kecil. Dapatkah mereka mengikuti kegiatanarung jeram ?

Banyak operator arung jeram menawarkan paket arung jeram keluarga, dimana anda dapat membawa serta anak anda walau masih berumur 6 tahun. Setiap sungai yang dikelola secara komersil oleh operator arung jeram memiliki paket-paket dengan batas minimal umur peserta kegiatan, seperti 6 tahun, 10 tahun atau 14 tahun. Kontak operator arung jeram yang menawarkan paket keluarga tersebut, dan tanyakan umur minimal peserta yang boleh mengikuti kegiatan tersebut.

 

7). Saya seorang yang cukup berumur. Dapatkah saya mengikuti kegiatan arung jeram

Untuk kesehatan, orang tua yang masih aktif dan berumur lebih dari 60 tahun masih boleh mengikuti kegiatanarung jeram. Sebagai langkah awal, cobalah pengarungan pada sungai dengan tingkat kesulitan class I-II. Selanjutnya tergantung pada apa yang dirasakan setelah melakukan pengarungan tersebut. Anda boleh mencoba pengarungan pada sungai dengan tingkat kesulitan class III. Karena cukup banyak peserta yang berumur 60-an sampai 70-an menikmati kegiatanarung jeram, tentunya pada sungai-sungai dengan tingkat kesulitan rendah.

 

8). Apa yang terjadi pada paket pengarungan khusus? Bagaimana pengaturan perahunya?

Anda akan bertemu dengan pimpinan perjalanan (Trip Leader) pada waktu dan tempat yang telah ditentukan oleh operator arung jeram yang anda hubungi. Kemudian anda akan menaiki kendaraan yang telah disiapkan untuk menuju titik start pengarungan. Saat menuju ke lokasi start, Trip Leader akan menjelaskan pada anda beberapa informasi penting seperti keselamatan saat berarung jeram. Umumnya informasi ini disampaikan selama 20 menit. Selanjutnya anda akan menuju perahu yang memuat 6-8 orang dan seorang pemandu. Pemandu yang menyertai tersebut akan memberikan instruksi lanjutan tentang cara memegang dayung dan menggunakannya saat pengarungan, dan bagaimana mengikuti perintah yang dia berikan. Selanjutnya anda akan melakukan pengarungan sampai dengan titik finish.

 

9). Berapa besar kemungkinan saya terlempar dari perahu? Dan apa yang harus saya lakukan jika saya terlempar?

Percaya atau tidak, banyak orang yang menyukai saat terlempar keluar dari perahu! Ini sangat mengasyikkan. Pada awalnya memang dapat menyebabkan disorientasi dan sedikit kewalahan. Namun banyak pula orang yang sudah berkali-kali mengikuti kegiatan arung jeram dan tidak pernah terlempar keluar perahu. Beberapa orang hanya berenang pada pengarungan pertama mereka karena tidak mampu naik kembali keatas perahu atau karena tertinggal jauh dari perahu yang melemparkannya. Ini adalah bagian dari sebuah kegiatan arung jeram.
Sebelum anda memulai pengarungan, anda akan diberikan instruksi apa yang harus anda lakukan jika anda terlempar keluar dari perahu, dan bagaimana berusaha agar tetap aman. Ikuti semua instruksi pemandu anda, dan jika anda tetap terlempar keluar perahu, maka berenang akan lebih mengasyikan dalam pengarungan anda!

 

10). Bolehkan saya membawa kamera atau video kamera?

Kami tidak menganjurkan anda untuk membawa video kamera, atau kamera mahal saat pengarungan. Karena akan mudah rusak bila terkena air dan ini akan merugikan anda, kecuali jika anda memiliki kamera khusus untuk kegiatan outdoor yang tentunya dirancang agar anti air. Pada beberapa perusahaan operator arung jeram, mereka telah menyiapkan photographer yang akan mengabadikan kegiatan pangarungan anda yang selanjutnya dapat dilihat atau dipesan setelah selesai pengarungan.

 

11). Haruskah saya memberikan tips pada pemandu saya?

Pemberian tips bukanlah sesuatu yang diharapkan, tapi tentunya akan sangat dihargai oleh pemandu, yang telah bekerja keras dalam memandu anda, membuat anda gembira dan juga membuat anda aman selama pengarungan. Jika anda merasa pemandu anda telah melakukan pekerjaan dengan baik, menyenangkan anda dan berbagi pengalaman yang menakjubkan selama pengarungan

 

Untuk lokasi rafting sendiri ada beberapa tempat dengan kategori sungai yang berbeda pula, untuk check harga silahkan klik gambar dibawah ini.


Check juga lokasi lainnya dengan klik gambar dibawah ini :

http://raftingarungjeram.net/images/rafting%20citarik%20web.jpghttp://raftingarungjeram.net/images/rafting%20citatih.jpghttp://raftingarungjeram.net/images/rafting%20kalibaru.jpg

Untuk mendapatkan Proposal,  Presentasi dan Konsultasi, silahkan hubungi kami :

Trans Outbound Indonesia

Kebagusan Besar (Jl. H. Mursyid Rt. 004/04 ) No. 22, Ps.Minggu Jak-Sel 12520

Telp : 021- 9791-5865

e-mail:
transoutbound@yahoo.com
info@transoutbound.com

Ifan : 0857-7749-7276 / 0812-9676-8016

Fans Page

Mini Calendar

October 2014
SMTWTFS
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031

 

contact ifan

contact awan

BBM barcode scan

Free Automatic Backlinkping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Ping your blog, website, or RSS feed for FreeMy Ping in TotalPing.com

 

Restore Default Settings